Caramudahtulisartikel.blogspot.com is gold certified

TEMPLATE BLOG GRATIS

250 x 250


Kali ini saya akan berbagi tips buat sobat CARA MENULIS CERITA DENGAN BAIK DAN BENAR yang lagi belajar membuat cerpen atau menulis buku tentang seseorang ( Otobiografi ) dan cerita fiksi lainya . Tulisan dengan tema fiksi atau cerita yang dikembangkan melalui imajinasi seseorang dengan menghidupkan karakter actor didalamnya akan menjadikan buku menjadi lebih hidup, itu sebabnya mengapa buku tersebut laris di pasaran.
Manusia adalah pendongeng Sejati. Pada kenyataannya, kita begitu menyukai cerita-cerita yang sebagian besar dari kita dan akan memaafkan tulisan yang buruk itu jika ada 10 penulis yang baik bisa kita cari. Apakah Anda mulai khawatir tentang prosa Anda ?, berangkat dari situlah seharusnya anda membuat cerita , dan memulai dari titik ini. CARA MENULIS CERITA PENDEK DENGAN BAIK DAN BENAR
Memulai Menulis Dan memperbaiki cerita
     1. Pertama adalah memutuskan apakah akan menulis cerita Anda sendiri sebagai inti cerita atau orang kedua dan selanjutnya orang ketiga . Karena orang kedua bisa sangat rumit, mengikuti yang pertama jika anda ingin lebih muda alur ceritanya yang anda bisa mendapatkan dari imajinasi anda.
     2.Menulis apa yang Anda tahu. Ini tidak berarti menulis non fiksi atau realistis, artinya mengambil pelajaran dan pengalaman dari kehidupan Anda sendiri dan menuliskannya ke dalam bentuk yang lain. Mencari ide cerita yang relevan dengan kehidupan Anda sendiri akan membuat Anda menguasai pada subjek Anda. Selain fakta dan pengalaman, jangan takut untuk menggali apa yang Anda ketahui secara emosional.Bila actor utama adalah anda maka Dorongan perasaan Andalah yang menjadi karakter utama. Kesedihan, Cinta, Bahagia dan bagaimana mengatasi kesulitan adalah semua hal yang anda "tahu" dan membentuk dasar dari pengalaman manusia yang universal di Inti cerita anda. Detail yang menarik dapat mempengaruhi pembaca dan membuat mereka ( pembaca ) ingin membaca lebih lanjut. Jika mereka tidak merasakan apa-apa setelah membaca karakter Anda atau mereka pikir kalimat yang tidak memberikan emosi, mereka tidak akan berminat melanjutkan membaca.Memahami dan Menjaga cerita yang relevan dengan pengalaman Anda sendiri akan membuat Anda lebih bergairah untuk menulis dengan semangat yang kuat serta inspiratif.
     3.Putuskan apa yang audiens Anda bayangkan untuk memulai menulis. Membuat pangsa pasar yang jelas , yang akan membantu Anda mendapatkan ide-ide Anda yang menarik. Mulailah dengan segera untuk menentukan tema dalam satu bingkai cerita dari ide ide anda seperti menulis untuk remaja, untuk orang-orang yang akrab dengan tempat tertentu, atau bahkan untuk diri anda saja. Jika Anda tidak dapat mengimplementasikan ide-ide anda, jauh kedepan pikirkan tulisan anda dan cari beberapa alasan bahwa Anda menceritakan kisah ini dan mulailah berpikir tentang siapa yang mungkin tertarik pada cerita anda.
     4.Temukan inspirasi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, jika Anda ingin menulis buku anak-anak, yang harus anda lakukan adalah anak-anak. Lihat bagaimana mereka bermain, melihat dunia melalui mata mereka, dan kemudian menulis tentang sesuatu yang mempesona yang ada pada anak - anak. Catat apa yang menjadi ide yang tertangkap dari apa yang anda lihat dan rasakan. Anda bisa membuat 1 cerita atau lebih dari mereka.Cara yang baik untuk mencari ide dengan memulai hal baik pada diri anda sendiri seperti Bangun lebih awal dari biasanya yang anda lakukan dan mengatur 1jam lebih awal dari anda berniat bangun pagi  kemudian biarkan diri Anda hanyut dalam tidur ringan untuk satu jam terakhir. Persiapkan kertas atau catatan kecil untuk siap menuliskan ide yang saat itu anda dapatkan karena hal yang paling pertama yang harus dekat dengan anda adalah buku catatan karena saat itu pula mimpi bawah sadar anda bekerja. Ide datang dengan cepat dan memori menangkapnya dengan sangat cepat pula selanjutnya jika anda tidak bereaksi ide akan hilang.
     5.Dalam aktifitas kehidupan sehari-hari Anda Jurnal adalah faktot penting, cukup membawa buku catatan atau yang lain yang selalu anda bawa kemanapun anda pergi ,tulis sesuatu yang besar atau kecil yang terjadi - bahkan jika itu adalah ide pemikiran yang sudah ada atau yang belum mungkin juga tidak masuk akal, dimanapun anda berada jangan lupakan karena dengan mencatat kegiatan anda niscaya anda tidak akan lupa.
     6.Dapatkan informasi sebanyak mungkin tentang subyek tulisan anda. Dengan membuat kemajuan dalam cerita Anda, Anda mungkin akan memasukkan unsur-unsur yang lain untuk membuat cerita Anda lebih menarik di baca. Luangkan waktu untuk mengamati orang dan membayangkan apa yang tampak dari sudut pandang anda dan selalu tanyakan bagaimana sudut pandang mereka, karena tidak selalu apa yang kita lihat sama dengan apa yang mereka lihat  . Rasa empati sangat dibutuhkan dalam mengumpulkan pengalaman yang membuat fakta-fakta yang Anda dapatkan memiliki makna.Jika perlu, diperlukan penelitian terhadap peristiwa yang sebenarnya, untuk membuat cerita Anda lebih realistis.
     7.Mengembangkan karakter utama Anda. Jika Anda datang dengan karakter meyakinkan yang mempesona Anda atau bahwa Anda benar-benar mengidentifikasi dengan baik, akan jauh lebih mudah untuk membayangkan mungkin juga akan masuk dalam cerita yang anda tulis, semua yang Anda butuhkan untuk mendapatkan karakter serta nama nama yang unik akan didapat dengan sendirinya tergantung imajinasi dan pola yang anda kembangkan.
     8. Mengetahui kapan dan bagaimana menentukan alur cerita agar tidak membosankan pada pembaca dan memberikan alur yang kuat pada karakter dan merencanakan agar lebih menarik.Pertama, Apa karakter Anda inginkan , Apa dan bagaimana caranya, apa masalahya (Contoh: perceraian, siswa baru, kelas baru, lingkungan). Atau, mulai dengan sesuatu hal yang kecil yang membawa pembaca ke dalam imajinasi penulis 'buku, dan sesuatu yang membuat pembaca, meneruskan pembaca.Kedua adalah menonjolkan karakter dengan memasukkan karekter asli actor dengan memberikan beberapa. Mulailah dengan kecil, dengan masalah yang sederhana sampai rumit sekalipun agar ceritanya tidak terlalu cepat klimax. Ketiga, ini adalah saat di mana peran pada karakter Anda tidak akan mencapai tujuan ,kadang-kadang terjadi setelah gagal mengatasi rintangan besar atau ketika pertama kali menghadapi tantangan.Hambatan terbesar dalam menulis adalah saat terjadinya konflik dalam suatu tulisan yang anda buat dari beberapa karakter yang berbeda adalah menjadi keharusan untuk menyelesaikan hingga pada akhir cerita. Konflik yang besar akan membutuhkan ruang dan waktu yang besar pula. Ini adalah titik dalam cerita ketika karakter Anda harus berurusan dengan masalah yang besar yang anda tempatkan di awal cerita atau dipertengahan dan andalah yang harus menyelesaikanya dengan segenap imaginasi anda.Penyelesaian konflik. Apapun kasus ini baik atau tidak, karakter Anda telah berubah atau dipelajari. Ingat: karakter yang anda munculkan sudah dipelajari dari awal, jangan menulis ending yang datang entah dari mana atau memecahkan masalah melalui intervensi mendadak, karena itu tidak baik dan sangat tidak logis.
     9.Cari orang lain untuk membaca cerita Anda dan memberikan tanggapan. Yang anda butuhkan adalah seseorang yang benar benar akan memberitahukan / mengkoreksi hasil tulisan anda dan mau mengatakanya dengan jujur apa yang dia baca dan memintalah pendapat tentang tulisan tersebut untuk menilai seberapa baik / buruk hasil tulisan anda agar dapat ditingkatkan dan dikoreksi kembali.Jangan tersinggung, dan jangan menyerah jika Anda mendapatkan tanggapan yang buruk. Anda membutuhkannya untuk melampaui batas-batas kreatif Anda sendiri, dan kritik konstruktif sangat membantu ke arah itu. Minta pembaca Anda untuk jujur ​​dan akurat .
     10.Merevisi cerita Anda. Daftar koreksi dari pendapat pembaca akan menjadikan anda kewalahan oleh begitu banyaknya catatan penting, dalam catatan tersebut akan ada catatan yang utama dan catatan yang ringan/kecil, carilah pola dalam menyelesaikan pendapat dan focus pada editing benang merahnya, semua penulis biasanya tersandung pada titik yang sama, ada baiknya mengambil kesempatandan memulai pengeditan di titik itu.Jangan mengubah visi Anda tentang cerita yang anda tulis untuk menambahkan ide ide orang lain , jika anda mendengar ad aide yang bagus jangan takut untuk merubahnya yang panting masih dalam koridor cerita anda. Baca 1000 buku sebelum menulis satu buku. Memulai menulis, berani dan terfokus untuk membaca dari beberapa penulis terkenal yang pandai membuat trik dan intrik didunia. Ingatlah untuk memilih buku yang mungkin berhubungan dengan cerita Anda, dan perhatikan bagaimana penulis membuat halaman saling berhubungan. Jika Anda ingin menulis sebuah novel yang baik, Perhatikan apa yang diberikan dari setiap buku dan resapi maknanya, dan mengapa anda tertarik dan terpasona dengan buku tersebut. Bersambung .Click disini Pendalaman karakter . . . .
Sampai disini dulu artikel ini , lain kali saya sambung dengan artikel yang berhubungan .semoga bermanfaat

0 komentar:

Post a Comment